Lembaga Kajian dan Advokasi Independensi Peradilan (LeIP) adalah organisasi masyarakat sipil yang bergerak di bidang pembaruan peradilan. LeIP juga aktif dalam merumuskan konsep-konsep pembaruan peradilan yang dapat dijadikan arahan strategis untuk memperjuangkan peradilan Indonesia yang dicita-citakan di masa depan. Dalam kerja-kerjanya, LeIP meyakini bahwa peradilan yang independen adalah bagian dari hak asasi manusia, dan peradilan yang adil dan terbuka hanya dapat dicapai melalui kemitraan antara organisasi masyarakat sipil, peradilan, pemerintah dan pemangku kepentingan yang relevan.
Untuk mendukung kerja-kerja LeIP, kami membutuhkan satu orang Finance Officer dengan detil sebagai berikut:
Berikut adalah beberapa tugas dan tanggung jawab utama seorang Finance Officer:
- Bertanggung jawab untuk memproses berbagai transaksi keuangan, seperti pembayaran kepada vendor/pihak ketiga, Penerimaan pembayaran dari donor atau dari kontribusi staf, dll. Melakukan pencatatan pengeluaran Lembaga. Memastikan bahwa semua transaksi dicatat dengan akurat dan sesuai dengan prosedur yang berlaku;
- Bertanggung jawab untuk mencatat dan mengelola berbagai dokumen keuangan, seperti kuitansi, laporan keuangan, dan bukti pembayaran. Dimana semua dokumen disimpan dengan rapi dan mudah diakses jika diperlukan;
- Secara rutin melakukan rekonsiliasi rekening bank untuk memastikan bahwa catatan keuangan Lembaga sesuai dengan laporan bank. Serta membantu dalam persiapan laporan keuangan, seperti laporan laba rugi, neraca, dan laporan arus kas;
- Bertanggung jawab untuk mengelola utang piutang Lembaga;
- Bertanggung jawab memproses pembayaran gaji dan tunjangan karyawan sesuai dengan peraturan yang berlaku;
- Membuat perhitungan pajak dari mulai pembayaran sampai dengan pelaporan terutama untuk PPh 21, PPh 23, Pajak Sewa. Membuat Pajak Tahunan Lembaga ataupun tentang pajak yang berkaitan dengan Lembaga;
- Selalu mengikuti perkembangan perpajakan dan memastikan bahwa Lembaga mematuhi semua peraturan perpajakan;
- Bertanggung jawab untuk mengarsipkan semua dokumen keuangan Lembaga dengan baik. Mereka memastikan bahwa dokumen-dokumen tersebut disimpan dengan aman dan mudah diakses jika diperlukan;
- Membantu menyiapi audit Lembaga dan audit Program;
- Komunikasi dengan Pihak Internal dan Eksternal Terkait Keuangan: FAO seringkali harus berkomunikasi dengan pihak internal, seperti departemen lain dalam Lembaga, dan pihak eksternal, seperti Bank, pemasok, dan otoritas pajak, terkait masalah keuangan. Mampu berkomunikasi dengan jelas dan efektif, baik secara lisan maupun tertulis.
Kriteria Umum
- Jujur dan menjunjung tinggi integritas pribadi dan Lembaga;
- Memiliki tingkat ketelitian yang tinggi;
- Berpikir objektif;
- Mampu bekerja dalam tim dan memimpin tim;
- Memiliki kemampuan komunikasi yang baik;
- Mampu menentukan prioritas kerja dan berkomitmen untuk memenuhi tenggat waktu;
- Memiliki kemampuan analisis yang baik;
- Berinisiatif tinggi dan mampu menyelesaikan pekerjaan secara mandiri dengan pengawasan dan pengarahan minimum;
- Bersedia melakukan perjalanan ke luar kota.
Kompetensi
- Memiliki pemahaman pengetahuan yang kuat tentang prinsip-prinsip akuntansi dan keuangan, seperti pencatatan transaksi, pembuatan laporan keuangan, dan analisis rasio keuangan untuk memastikan keakuratan dan keandalan data keuangan Lembaga sesuai dengan ISAK 35;
- Mahir dalam menggunakan software terutama SANGO;
- Mampu menganalisis data keuangan dan menginterpretasikan laporan keuangan untuk mengidentifikasi tren, masalah, dan peluang;
- Harus teliti dan akurat dalam mencatat dan mengelola data keuangan, serta memastikan bahwa semua dokumen keuangan disimpan dengan rapi dan mudah diakses;
- Memahami peraturan perpajakan dan keuangan yang berlaku di Indonesia serta selalu mengikuti perkembangan peraturan perpajakan;
- Mampu berkomunikasi dengan jelas dan efektif, baik secara lisan maupun tertulis, serta harus bisa menjelaskan informasi keuangan kepada pihak internal dan eksternal dengan cara yang mudah dipahami;
- Bisa bekerjasama dalam tim Program, Keuangan, Administrasi, dan lainnya. Berbagi informasi, dan menyelesaikan tugas bersama-sama;
- Mampu mengelola waktu dengan efektif dan memprioritaskan tugas-tugas yang paling penting, serta bisa mengatur dokumen keuangan dengan rapi, memenuhi deadline, dan bekerja secara efisien;
- Harus mampu bekerja dengan baik di bawah tekanan dan tetap tenang dalam menghadapi situasi yang sulit;
- Bertanggung jawab atas pengelolaan keuangan Lembaga, sehingga integritas dan kejujuran sangatlah penting dan bisa dipercaya dan menjaga kerahasiaan informasi keuangan Lembaga.
Kualifikasi
- Minimal D3 Akutansi atau S1 Akuntansi;
- Pengetahuan tentang prinsip akuntansi, praktek, standar, hukum dan peraturan;
- Pengetahuan tentang peraturan dan praktik pajak penghasilan Indonesia (pph21) dan pph Badan (pph26);
- Berpengalaman minimal 3 tahun bekerja bagian keuangan organisasi Niralaba;
- Kemahiran dalam MS Office, khususnya Excel, Word, dan Power Point. Pengalaman dengan program perangkat lunak akuntansi SANGO akan menjadi nilai tambah.
Pengalaman Kerja
Diutamakan yang memiliki pengalaman bekerja di bagian keuangan lembaga nirlaba.
Penilaian
Pelamar yang memenuhi kriteria akan diwawancara.
Prosedur Lamaran
Kandidat staf keuangan wajib mengirimkan:
- Formulir Rekrutmen yang telah diisi, formulir dapat diunduh di sini
- Surat Lamaran yang berisi: (1) alasan ingin bergabung di LeIP; (2) kekuatan diri; (3) dan kelemahan diri.
Kedua dokumen dikirimkan ke office@leip.or.id dengan subjek email “Lamaran Finance Officer LeIP”
Batas waktu pengajuan aplikasi: tanggal 15 November 2024 pukul 17.00 WIB.
* Hanya kandidat yang memenuhi syarat yang akan diproses.