Jane Aileen Tedjaseputra

IMG-20200323-WA0040

Jane bergabung sebagai peneliti tetap LeIP sejak tahun 2019 dan sekaligus menjadi Manajer Program periode 2019-2022. Sebelumnya Jane pernah menjadi Koordinator Program di LeIP untuk program pemantauan pengadilan tindak pidana korupsi di tahun 2016-2017.
Jane menyelesaikan studinya di bidang hukum pada tahun 2009 dari Universitas Katolik Atma Jaya Jakarta, dan di tahun 2015 menyelesaikan studi Master di bidang Hukum Hak Asasi Manusia dan Humaniter Internasional di University of Essex, Inggris. Jane adalah penerima beasiswa Chevening 2014/2015. Ia aktif dalam organisasi peradilan semu selama menjalani studi S1 dan timnya meraih posisi kedua dalam kompetisi International Humanitarian Law Moot Court 2008, Indonesian Round. Hingga saat ini Jane masih aktif menjadi pelatih atau juri dalam kompetisi peradilan semu hukum internasional.
Jane terlibat dalam advokasi hak asasi manusia sejak tahun 2010 termasuk menjadi pengacara hak asasi manusia untuk kasus-kasus terkait hak perempuan, minoritas, hak atas kebebasan beragama dan berkeyakinan, hak atas pekerjaan. Jane berpengalaman dalam melakukan advokasi internasional hak asasi manusia, memberikan pelatihan mengenai mekanisme HAM internasional dan ASEAN, dan juga berkontribusi dalam program yang membentuk jaringan pengacara publik Asia Tenggara. Ia adalah alumni pelatihan Human Rights Defenders Advocacy Programme (HRDAP) 2018 yang diselenggarakan di Jenewa oleh International Service for Human Rights (ISHR). Saat ini Ia juga aktif sebagai bendahara Chevening Alumni Association Indonesia. Di waktu senggangnya, Jane gemar menonton film dan wisata kuliner.